Bagaimana Memulai Belajar Keyboard/Piano dan Mitos Seputar Keyboard/Piano

Tips & Trik Sunday, 02/May/2010 19:20 8 Komentar - 9649 hits
Diperbarui pada Thursday, 06/May/2010 06:21
Tips berikut ini bukan buat kamu-kamu yang pernah belajar musik ( kursus). Tapi lebih ditujukan untuk membantu orang-orang yang belum pernah sama sekali menyentuh yang namanya piano atau keyboard. Atau lebih sering disebut “awam musik”.

1. Punya Keyboard dulu
Banyak yang berpikir : bisa dulu baru nanti beli. Anda tentu pernah belajar naik sepeda? Sudah? Ok, Anda bisa naik sepeda dulu baru beli atau beli dulu sepedanya? Analogi demikian untuk menggambarkan bagaimana untuk memulai belajar tentang musik, bermain musik adalah sebuah keahlian (skill). Menurut Longman Dictionary of Contemporary English: “Skill is an ability to do something well especially because you have learned and practiced it.” Jadi gak mungkin anda bisa main Fantasy Impromptu atau Winter Games-nya David Foster setelah anda dapat ilham lewat mimpi! You got to practice! Bagaimana mau latihan kalau tidak ada alatnya. Mungkin anda tidak harus beli, bisa pinjam dulu atau numpang di rumah orang lain untuk belajar. Tapi intinya anda harus punya alatnya dulu. Kebanyakan orang tua ragu membelikan anaknya piano/keyboard karena takut sang anak gak serius. Hal yang wajar. Tapi kalau si ortu mengharuskan anaknya bisa bermain, kalau bisa sampai jago, tanpa memberikan sarana berlatih itu namanya : semena-mena!. Kasihan anaknya. Kalau memang belum mampu beli yang mahal, beli yang murah dulu saja. Sekarang sudah banyak kok jenis piano/keyboard dengan beragam variasi harga.

2. Kenali dulu Keyboatd/Piano.
Tahukah anda perbedaan piano dan keyboard? Piano berbentuk papan tuts tunggal, sepanjang 88 tuts atau kurang lebih 7 ½ oktaf, dengan bilah tuts yang lebih tebal dan berat dibandingkan keyboard. Piano terbagi atas piano akustik dan piano digital. Kalau piano akustik memiliki sumber bunyi dari senar logam yang dipukul dengan tuts, jadi tidak digerakkan oleh listrik.. Sekarang juga sudah banyak piano digital, yang sumber bunyinya berasal dari hasil sampling piano akustik (PCM wave) yang digerakkan oleh listrik. Panjangnya antara 76 hingga 88 tuts. Harganya? Mulai dari 3 jutaa-an. Tapi anda harus hati-hati memilih karena tutsnya berbeda-beda. Ada yang namanya weighted keys atau graded hammer keys, maksudnya tutsnya lebih berat dan tebal seperti piano akustik. Tapi ada juga yang tidak setebal itu atau malah ringan seperti tuts keyboard biasa. ( untuk jenis2 tuts tersebut akan saya tulis pada artikel terpisah )
Nah kalau keyboard ada yang berjenis synthesizer, interactive/intelligent/portable/arranger keyboard, controller, sampler dan workstation.

3. Memilih keyboard atau piano
Banyak orang bilang piano mahal, saya hanya punya keyboard. Bisa gak belajar piano pada keyboard? Bisa saja, tidak masalah. Kalau hanya untuk menguasai BASIC piano. Tapi lebih lanjut dari itu anda perlu beli piano . Kalau anda belum mampu beli piano akustik bisa dengan piano digital. Malah enak tidak makan tempat dan bisa diatur volume suaranya. Tapi tetap saja mekanisme tutsnya masih lebih natural dan nyaman piano akustik. Sedang tips memilih keyboard sdh saya tuliskan beberapa waktu yang lalu ,silahkan anda membuka postingan saya yg dulu di sesi artikel.

4. Mitos seputar belajar piano/keyboard
• . Bisa piano berarti bisa juga bermain keyboard
Itu mitos yang mungkin paling sering anda dengar. Hal itu tidaklah benar ,pemain piano belum tentu bisa bermain keyboard dengan baik . Nanti akan saya tulis juga artikel mengenai hal ini lebih detail
Belajar keyboard tidaklah serius, cuma hiburan. Kalau mau serius belajarlah piano.
Hal ini juga mitos tidak benar, karena belajar keyboard juga butuh keseriusan,seperti halnya belajar piano
• Belajar piano klasik yang paling baik, nanti kalau mau belajar pop atau jazz lebih gampang.
Hal ini juga mitos yang tidak benar, Kalau anda mau belajar piano pop sekalian dari awal saja. Karena belajar pop dan klasik mempunya tingkatan/GRADE masing2. Kalau anda belajar piano klasik dulu bisa sampai tua baru bisa belajar piano pop. Dasar bermain piano sama untuk semua jurusan.
Nah kalau semua poin di atas sudah anda penuhi baru datang ke kursus musik terdekat atau hubungi guru piano/keyboard ke rumah. Atau mau belajar sendiri? Boleh juga, coba cari buku-buku piano/keyboard yang banyak dijual ditoko buku. “SELAMAT BELAJAR KEYBOARD/PIANO”.


Semoga bermanfaat - salam
0

awanro
  • City: Tulungaguing
  • Posts: 222
  • Uploads: 5
  • Scores: 4388

Tulis Komentar

.: 8 Komentar :.


bambang
Wednesday, 14 August 2013 10:04
katnya teknik jazz ad pada piano klasik bener ga..
0

oky satriawan
  • City: bengkulu
  • Posts: 946
  • Uploads: 135
  • Scores: 14497
Monday, 28 May 2012 03:18
setujuuuu............................!!!!!!!!!!!!
( !!! MUSIK ADALAH HIDUPKU !!! )
:ssst: OFFICE BOY Team KEYLA :ssst:
:gila: :gila: :gila:
0

zul
Sunday, 27 May 2012 10:20
klo mau.... latih tangan kiri agar lancar maen nya gi mn sich
0

ikhwandi
  • City: Tais
  • Posts: 45
  • Uploads: 31
  • Scores: 3327
Tuesday, 10 January 2012 18:56
thank kk atas petunjuk na...

w coba dulu dah...

hehehehe
0

albhudiansyah
Tuesday, 20 September 2011 19:08
makasihh...:)
0

andreas
Wednesday, 07 September 2011 10:06
aq sih sudah lumayan jago..filing sudah jalan..lumayan banyak untuk variasinya
tapi aq merasa bosen dengan permainan monoton,ga kembang2....
kra2 ad ide gmana caranya biar aq bisa kembang..tapi selain les...krna aq ga tertarik sama les2an...
0

Meigik s
Thursday, 06 January 2011 10:23
Mksh ilmunya
0

ilham456
  • City: Gresik
  • Posts: 7
  • Uploads: 0
  • Scores: 1
Wednesday, 07 July 2010 16:25
eh terus caranya biar bisa pemain keyboard yang biasanya di kondangan tuh gimana sih ya?
soalnya, aku pengen T.T
orangnya kok tahu kunci ini itu, aku cuma tahu chordnya tapi gatahu kayak iramanya gitu
ada yang tahu nggak?
0
0.517s
ShoutBox