Salah satu menu pada style creator adalah ASSEMBLY, dengan fitur ini kita bisa meng-copy Channel (RHY1/2, BASS, CHD1/2, PAD san PHR1/2) untuk dipindahkan ke Channel lainnya, baik dalam satu Section (Intro 1-3, Main A-D, Break, Fill In A-D dan Ending 1-3) maupun ke Channel di Section yang lain, bahkan anda bisa juga meng-copy Channel dari STYLE lain yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh yang sederhana agar mudah dipahami, yaitu sebagai berikut:

Katakanlah anda akan membuat Style slow 8 beat, langkah pertama, anda akan mengisi channel-channel pada MAIN A dan anda memilih untuk meng-copy, misalnya, dari Style Love Song (Preset), caranya:

Tekan secara berurutan FUNCTION – DIGITAL RECORDING – STYLE CREATOR, anda akan masuk ke halaman BASIC, pilih NEW STYLE (tekan tombol C) kemudian untuk kolom Section pilih MAIN A, Pattern Length biasanya 2, Tempo untuk lagu slow umumnya 70 dan Beat 4/4.

Kemudian pilih halaman berikutnya yaitu ASSEMBLY, pilih RHYTHM2 (tekan tombol B), untuk memanggil Style lain tekan tombol B SEKALI LAGI, pilih Ballad, dan kemudian Love Song, kembali lagi ke halaman Assembly (tekan tombol EXIT) dan kita coba dengarkan dengan menekan Start/Stop. Kalau sudah sesuai dengan keinginan anda, tekan SAVE (tombol J) – SAVE lagi (tombol 6 sebelah bawah), beri nama untuk style yang sedang anda.buat ini.

Lakukan hal yang sama untuk channel selanjutnya, yaitu Bass, Chord 1 dan 2 Pad, serta Phrase 1 dan 2 (kalau memang diperlukan).

Untuk MAIN B misalnya anda memutuskan untuk merekam sendiri drum dan bass-nya (RHY2 dan BASS), tetapi untuk piano-nya (CHD1) anda akan meng-copy dari Main A saja, caranya:

Masuk ke halaman Assembly, pilih CHORD1 (tombol D) yang merupakan channel piano, kemudian di sebelah bawah pada kolom COPY FROM pilih Main A dan Channel CHORD1, artinya anda meng-copy dari Main A channel CHD1, dan seterusnya hingga Main B selesai.

Untuk menyelesaikan SECTION selanjutnya anda tinggal pilih mau merekam sendiri atau mau assembly lagi atau kombinasi dari keduanya, yang penting menurut anda hasilnya enak didengar.

Jadi cara penggunakan fitur ASSEMBLY ini secara garis besarnya adalah, setelah masuk halaman Assembly, pilih channel yang akan kita isi (tombol A sampai I) kemudian di kolom COPY FROM pilih Section dan Channel yang akan anda copy.

Bagaimana, mudah bukan, semoga demikian. Selamat mencoba!


NB: Baca tutorial ini disarankan sambil praktek langsung di keyboard
0

Helly Hilmi
  • City: Cianjur
  • Posts: 514
  • Uploads: 92
  • Scores: 1192
Think HOW to make it EASY, don' think HOW DIFFICULT it is .. !! (motto-ku)

:phone: 08157151240 :baca:


http://i-love-midi.blogspot.com

MIDI Gratis - Artikel Musik - Chord Lagu
Tutorial - Info MIDI - Tips & Trick, dll


helly_hilmi@yahoo.com
hellyhilmi@gmail.com

Tulis Komentar

.: Belum ada komentar :.

0.002s
ShoutBox